InformasiKesehatan

Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Haid

Setiap bulan seorang wanita yang memasuki usia subur pasti akan mengalami siklus menstruasi atau haid. Nyeri haid sudah pasti dialami oleh setiap wanita tiap bulannya dengan rasa nyeri yang berbeda. Ada yang mules biasa bahkan ada yang sudah sangat mengganggu aktivitas hingga pingsan.
Dear, bagi kamu yang sudah merasa terganggu dengan rasa nyeri haid,. kami akan memberikan cara alami dan praktis untuk mengatasi rasa nyeri yang kamu alami akibat menstruasi.

1. Cara Mengatasi Rasa Nyeri haid dengan Kunyit Asam

Dear, Jangan meremehkan obat traditional seperti jamu ya. Kunyit asam memiliki banyak khasiat lho.. selain bisa meredakan rasa nyeri haid, kunyit asam juga bisa menyegarkan tubuh.
Cara Mengatasi Nyeri Haid
Kamu bisa mendapatkan minuman kunyit asam ini dengan membelinya di penjual jamu, dan membeli kunyit asam bubuk di toko jamu atau bisa membuat sendiri. caranya juga mudah.
Parut beberapa ruas kunyit, tambahkan air dan peras. Kemudian tambahkan asam jawa dan gula merah. Lalu rebus hingga mendidih. Kunyit asam siap diminum.

2. Cara mengatasi Nyeri Haid dengan mengkonsumsi makanan mengandung zat besi

Cara Mengatasi Nyeri Haid
Ketika menstruasi, wanita rentan mengalami anemia karena mengeluarkan darah. Itulah sebabnya,wanita yang sedang datang menstruasi dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti bayam, kacang-kacangan, ubi merah, daun singkong, dan lain-lain. Perbanyaklan minum air putih agar terhindar dari dehidrasi. Hindari minum es,kopi dan minumanan bersoda.

3. Cara Mengatasi Nyeri Haid dengan Mengkompres Hangat

Cara Mengatasi Nyeri Haid
Jika nyeri tidak tertahankan, kita bisa mengkompres dengan air hangat pada bagian perut bawah yang terasa nyeri. Kompres bisa menggunakan handuk atau kantong karet berisi air hangat. Kompres ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah dan membuat otot disekitar perut lebih rileks.

4. Cara Mengatasi Nyeri Haid dengan Buah Pisang

Dear, buah pisang mengandung potasium yang tinggi yang mampu mengurangi rasa nyeri hadi. Perbanyaklah konsumsi buah pisang sebelum dan selama menstruasi.

5. Cara Mengatasi Nyeri Haid dengan Istirahat yang cukup

Jika rasa nyeri mulai muncul, sebaiknya rebahkankan tubuh terlebih dahulu. Biasanya rasa nyeri timbul pada bagian punggung, sehingga dengan berbaring rasa nyeri akan sedikit berkurang. Gunakan bantal di bawah lutut, dan abil napas panjang kemudian hempaska. Lakukan hingga kamu merasa nyaman ya Dear,.
Dear,. semoga membantu ya…

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *