Pemrograman

Mengenal Framework dalam PHP

Hai Dear.. pada postingan kali ini, Cafeteria dalam segmen Pemrograman akan membahas tentang framework, khususnya framework PHP. Apakah kalian tahu apa itu framework? pernah mendengar  kata ‘framework’ sebelumnya? kalian pasti pernah mendengar, sudah tahu artinya, bahkan mungkin sekarang kalian sedang mempelajari salah satu framework PHP.
Framework kalau diartikan secara harfiah berarti kerangka kerja, artinya kalau kalian menggunakan framework sama artinya menggunakan kerangka kerja yang sudah disiapkan sebelumnya. Kalian hanya sekedar menggunakan apa yang telah ada dalam framework tersebut.
Framework secara istilah bisa berarti macam-macam, karena kita disini sedang bicara tentang pemrograman PHP artinya kita bicara soal web, maka pengertian framework disini adalah web framework, sehingga pengertian web framework sebagaimana dikutip dari Wikipedia adalah sebuah kerangka kerja dari perangkat lunak yang dirancang untuk mendukung pengembangan aplikasi web termasuk layanan web, sumber daya web, dan API web. Pengertian yang lain, framework adalah kerangka kerja atau sekumpulan file-file yang sudah ter-include, yang mana di dalam file tersebut terdapat perintah kode program dan fungsi dasar untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

Ada banyak jenis web framework yang bisa kita gunakan dan kendala utama yang biasanya sering muncul adalah bagaimana saya bisa menggunakan framework ini, maka kita memerlukan dokumentasi yang jelas dan disusun dengan baik sehingga memudahkan orang untuk mempelajari framework yang bersangkutan.

Keuntungan Menggunakan Framework

  1. Waktu pengerjaan project menjadi lebih cepat meskipun kecepatan pengerjaan itu relatif tergantung pada tingkat kesulitan dan banyaknya pengerjaan yang harus dilakukan, namun dengan menggunakan framework setidaknya proses waktu yang kita butuhkan menjadi relatif lebih cepat daripada jika kita mengerjakannya secara native atau non framework.
  2. Project aplikasi menjadi lebih mudah untuk dikembangkan, sebab menggunakan kode-kode standard yang sudah ditetapkan, kita hanya perlu untuk mempelajari framework yang digunakan oleh project aplikasi tersebut. Saat project aplikasi dilimpahkan ke tim lain, maka tim tersebut yang awalnya tidak terlibat pengerjaan aplikasi dari awal, masih bisa mengembangkannya karena kode-kodenya mudah terbaca dan begitu pun dengan alur kerjanya.
  3. Tingkat keamanan lebih terjamin karena menggunakan kode-kode standar dalam framework

 

Macam-macam Framework PHP

Apa saja jenis framework yang sering orang-orang pakai?
  1. Laravel
  2. CodeIgniter
  3. Yii Framework
  4. Symfony
  5. CakePHP
  6. Zend
Sebenarnya masih banyak framework lain, apakah kalian bisa menambahkan framework yang kalian pakai saat ini atau framework lain yang kalian ketahui juga sering dipakai banyak orang ?
Sampai di sini saja pembahasan soal framework, jika ada yang kurang akan ditambahkan pembahasan seputar framework ini di postingan selanjutnya..

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *