Pemrograman

Mengenal Composer dalam PHP

Composer adalah tool untuk mengatur dependency dalam PHP yang terinspirasi oleh node NPM dan bundler Ruby. Composer dibuat oleh Nils Aderman dan Jordi Boggiano, serta kontributor yang tergabung dalam komunitas di Github. Mungkin kamu tak cukup familiar dengan composer, tapi composer saat ini sudah menjadi bagian dari gaya pemrograman kekinian, bila kamu terus update dengan membuka banyak kran informasi pemrograman-pemrograman terbaru, maka kamu akan menemukan composer. Composer menjadi bagian penting, salah satu pilar framework PHP, yang memudahkanmu untuk menginstall, mengupdate, dan mengatur library atau package yang kamu gunakan dalam project PHP-mu.
Hampir semua library PHP yang kamu butuhkan untuk project PHP-mu telah ada di composer, tersimpan di packagist.org yang siap untuk kamu install. Composer tersedia untuk Windows, Linux, dan OS X, sehingga tidak ada halangan untuk tidak menggunakan composer. Composer menjadi semacam standarisasi manajemen library PHP, sehingga bisa diinstall untuk berbagai macam framework PHP.
Jika kamu tidak menggunakan composer, pertama kamu akan dibilang sebagai programmer jaman old yang berkutat dengan segala kerunyaman yang serba terbatas, apalagi kita sudah tahu bersama jika PHP adalah bahasa pemrograman yang serba terlambat dalam hal perkembangan mengambil inovasi-inovasi baru. Contohnya saja dalam soal dependency management ini, padahal dalam javascript dan Ruby hal ini sudah lama ada.

Composer baru mengemuka di tahun 2011, mungkin orang-orang di komunitas PHP sudah lelah menghadapi sulitnya menginstall library pihak ketiga jika libray tersebut selalu dibuat spesifik untuk tiap-tiap framework, belum lagi soal kemudahan memanajemen library-library tersebut. Akhir dari kesuraman tersebut lahirlah composer, membuat babak baru cerahnya masa depan PHP seolah tak mau kalah dengan framework javascript dan ruby yang sedang tenar.

Bagaimana cara menginstal Composer di Windows? kamu bisa mengetahuinya di sini https://www.cafeteria.id/2018/07/cara-menginstal-composer-di-windows.html

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *