Komputer

Cara Mengaktifkan HTTPS pada Custom Domain Blogger

Postingan sebelumnya sudah membahas tentang HTTPS (baca: Mengapa Menggunakan HTTPS), pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan langkah-langkah bagaimana mengaktifkan HTTPS pada custom domain blogger.

Seperti yang kita ketahui kalau Blogger secara default menggunakan HTTPS pada alamat domain yang menggunakan blogspot.com (dotblogspotdotcom). Jika kita mengubahnya domainnya menggunakan alamat domain TLD seperti .com, .id, .net, maka ketersediaan HTTPS menjadi pilihan pengguna, apakah ingin diaktifkan atau tidak. 

Bagaimana kalau kita memilih ingin mengaktifkan HTTPS ? Caranya mudah sekali, kita tinggal menuju ke menu Settings (Setelan) kemudian memilih Basic (Dasar) pada halaman dashboard blogger kita.
Pada HTTPS Availability, ubah pilihan dropdown menu menjadi “Yes”, kemudian tunggu sebentar sekitar satu menit setelah itu refresh halaman. Kita akan melihat HTTPS Redirect menu untuk memilih pilihan sudah diaktifkan, kita pilih “Yes”.
Setelah HTTPS diaktifkan, kita harus mengubah lalu intas protokol dari http ke https di theme blogger yang kita gunakan jika kita menggunakan template blog selain template bawaan blogger.
Pergilah ke menu “Theme” lalu klik “Edit HTML”, lalu ubah semua alamat url http jika ada ke url https. Mengapa kita harus menggantinya? hal ini dilakukan agar status HTTPS kita full secure berwarna hijau dan agar tidak muncul tanda warning (!) berwarna abu-abu.
Jika kita sudah melakukan langkah-langkah di atas, Insya Allah, blog kita akan menampilkan HTTPS dan berwarna hijau artinya sudah mendapatkan status “aman” dan “terverifikasi” dengan sertifikat SSL/TLS.
Demikian postingan kali ini semoga bisa memberikan manfaat.
cafeteria
Admin Cafeteria ID

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Komputer