Komputer

Youtube-dl Cara Lain Download YouTube

Halo sobat cafeteria, pernahkah kalian menemukan video YouTube yang menurut kalian bagus dan ingin kalian download, tapi kalian tidak tahu caranya? pastinya ada ya terutama kalian yang sering buka YouTube melalui PC/laptop. Sebagian kalian mungkin cukup familirar dengan IDM (internet download manager), plugin yang bisa kalian install untuk mendownload semua jenis file. Namun, selain IDM ternyata ada cara lain lagi yang bisa kalian coba, tapi membutuhkan sedikit usaha ala ala programmer karena berbeda dengan IDM yang cuma “klik” saja di mouse, youtube-dl ini mengharuskan kalian buka terminal atau command prompt dan menuliskan sebaris perintah.
Namanya youtube-dl, adalah utilitas untuk mendownload video dan juga bisa untuk mengekstrak audio dari video yang tayang di YouTube, Vimeo, dan Dailymotion. youtube-dl dibuat dari Python sehingga komputer kalian wajib instal Python jika ingin menginstal youtube-dl. Kalian yang akrab dengan coding kekinian, pasti sudah terinstal Python di komputer kalian.
youtube-dl utilitas yang sangaat berguna dan dibutuhkan oleh pengguna yang ingin mendownload video tanpa bantuan plugin atau software lain semisal IDM karena alasan tidak bisa diinstall di lingkungan UNIX atau memang tidak ingin menggunakannya. youtube-dl dan IDM mempunyai cara penggunaan yang berbeda sehingga kalian yang ingin bereksperimen lebih dari sekedar klik bisa mencoba youtube-dl

Instalasi youtube-dl bagi pengguna Non-Windows (Linux, OS X)

sudo curl -L https://yt-dl.org/downloads/latest/youtube-dl -o /usr/local/bin/youtube-dl
sudo chmod a+rx /usr/local/bin/youtube-dl

Jika komputer kalian tidak terinstal curl, kalian bisa menggunakan cara di bawah ini:


sudo wget https://yt-dl.org/downloads/latest/youtube-dl -O /usr/local/bin/youtube-dl
sudo chmod a+rx /usr/local/bin/youtube-dl

Untuk update youtube-dl, masukkan perintah:

sudo pip install --upgrade youtube_dl

 

Instalasi youtube-dl bagi pengguna Windows

Kalian pengguna windows cukup download saja file exe-nya di https://yt-dl.org/latest/youtube-dl.exe dan letakkan file-nya di folder manapun yang kalian inginkan tapi jangan di letakkan di folder C:WindowsSystem32 .

 

Cara Penggunaan

Perintah youtube-dl di terminal / command-prompt untuk mendownload video sebagai berikut:


youtube-dl [OPTIONS] URL [URL...]
[OPTIONS] bisa kalian abaikan jika tidak ingin memilih opsi default saat mendownload, jadi perintahnya bisa kalian ketik seperti berikut:

youtube-dl https://www.youtube.com/watch?v=OU3_LtpMYZU

Hasil downloadnya akan berada di lokasi dimana perintah terminal itu kalian jalankan, jika pengguna linux menjalankan langsung perintah di atas ketika membuka terminal, hasil downloadnya akan terletak di folder home.

Cara download Playlist di Youtube

Anda bisa mendownload satu playlist dengan cara mendapatkan link terlebih dahulu, contoh:

https://www.youtube.com/watch?v=N3AkSS5hXMA&list=PLTjRvDozrdlzBR7lYU4DtQRDQ6xCNSBIS

Salin kode pada parameter list seperti yang terlihat pada contoh di atas yang berwarna merah.

Kemudian, anda ketik: youtube-dl -f mp4 https://www.youtube.com/playlist?. mp4 berarti anda akan memilih menggunakan format mp4 untuk hasil download video jika tersedia. Paste-kan parameter yang anda salin dari link, tambahkan setelah playlist? sehingga menjadi seperti berikut:

youtube-dl -f mp4 https://www.youtube.com/playlist?list=PLTjRvDozrdlzBR7lYU4DtQRDQ6xCNSBIS

 

Opsi-opsi apa saja yang tersedia di youtube-dl untuk mendownload video? kalian bisa melihat lebih lengkap pada halaman dokumentasinya di sini.
Semoga pembahasan kali ini bermanfaat
cafeteria
Admin Cafeteria ID

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Komputer