Komputer

Cara Ganti Windows PowerShell dengan Command Prompt Saat Klik Kanan pada Tombol Start

Versi Windows 10 terbaru saat ini terutama Windows 10 April 2018 Update pada saat klik kanan pada menu Start atau dengan shortcut Windows + X kita tidak akan menjumpai Command Prompt lagi tapi sudah default ke Windows PowerShell. Hal ini tentu menyulitkan pengguna yang terbiasa menggunakan Command Prompt. Lalu bagaimana cara kita mengembalikan Command Prompt pada menu yang muncul saat klik kanan?
Command Prompt tidaklah dihilangkan oleh Windows 10, tapi disembunyikan. Untuk memunculkannya kembali pada menu saat klik kanan kita hanya perlu melakukan settingan pada Windows 10.
Caranya?

Buka Windows Settings

Pertama kita harus membuka jendela Windows Settings. Klik kanan pada menu Start atau bisa juga dengan shortcut Windows + X. Dari menu yang muncul, pilih Settings.

Buka Personalization

Pada jendela Windows Settings pilih Personalization

Buka Menu Taskbar

Pada daftar menu yang ada di samping kiri jendela, pilih Taskbar untuk membuka settingan Taskbar

Matikan Replace Command Prompt with Windows PowerShell

Klik tombol di bawah “Replace Command Prompt with Windows PowerShell in the menu when I right-click the start button or press Windows key + X” sehingga akan berubah menjadi Off
 
 
Setelah melakukan setting di atas, kita akan memperoleh kembali Command Prompt pada menu klik kanan di tombol Start atau Windows + X.
 
 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *