Informasi

Mengenal Linus Torvalds Sang Creator Linux

Linus Torvalds atau nama lengkapnya Linus Benedict Torvalds adalah seorang insinyur perangkat lunak (Software Engineer), lulusan bergelar Master Ilmu Komputer dari University of Helsinki tahun 1996, yang dikenal sebagai pencipta kernel Linux dan Git. Lahir di Helsinki, Finlandia pada 28 Desember 1969. Ayahnya bernama Nils Ole Hilmer Torvalds  seorang politisi dan anggota Parlemen Eropa. Ibunya bernama Anna seorang jurnalis. Kedua orang tuanya sama-sama berasal dari University of Helsinki, menamai anaknya dengan nama Linus, diambil dari Linus Pauling, seorang Kimiawan Amerika pemenang Nobel. Namun, Linus Torvalds sendiri berpikir bahwa mungkin namanya diambil dari karakter kartun Linus the Peanuts sehingga ia merasa setengah “kimiawan pemenang Nobel” dan setengah “karakter kartun yang membawa selimut”.
Pada usia 11 tahun Linus Torvalds mengawali minatnya dengan komputer, dimulai dengan komputer 8 bit bernama Commodore VIC-20. Setelah itu ia membeli komputer Sinclair QL. Karena Linus sulit mendapatkan software di Finlandia, ia menulis sendiri assembler dan teks editornya sendiri untuk QL, dan beberapa permainan seperti Cool Man yang merupakan klon dari Pac-Man. Tanggal 5 Januari 1991, Linus membeli IBM PC berbasis Intel 80386 yang menggunakan sistem operasi MINIX buatan Andrew S. Tanenbaum. Dari MINIX-lah, Linus Torvalds terinspirasi untuk membuat Linux.
Linus Torvalds menikah dengan Tove (nee monni), seorang juara nasional karate Finlandia 6 kali. Linus pertama kali bertemu dengan Tove pada musim gugur 1993, mereka dikaruniai tiga anak perempuan, masing-masing bernama: Patricia Miranda (1996), Daniela Yolanda (1998), dan terakhir Celeste Amanda (2000). Pada tahun 2010, Linus Torvalds menjadi warga negara Amerika Serikat.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *