Pemrograman

Implementasi Adminator HTML5 Admin Template dengan Framework Laravel

Adminator HTML5 Admin Template atau hanya disebut Adminator sebagaimana namanya merupakan template HTML untuk halaman Admin atau Dashboard. Template ini terbuat dari framework CSS Bootstrap 4 yang ditulis oleh Colorlib, sebuah situs developer WordPress yang didirikan oleh Aigars Silkalns. Source code-nya bisa Anda dapatkan secara gratis dan bersifat open source di Github dengan lisensi MIT. Artinya Anda bebas menggunakan, menyalin, memodifikasi, menggabungkan, menerbitkan, mendistribusikan, mensublisensikan, dan/atau menjual salinan produk akhirnya, namun tetap Anda harus menyebutkan Colorlib sebagai penulis asli source code Adminator.

Template ini begitu Anda clone dengan git dari Github dengan command prompt

git clone https://github.com/puikinsh/Adminator-admin-dashboard.git

masih harus Anda build dengan Yarn atau NPM agar dapat ditampilkan dengan sempurna di Web Browser, jika tidak, hasilnya akan berantakan tanpa style (css dan js). Kode hasil build-nya sudah di minfy, artinya kode-kode-nya rapat, jika Anda ingin menggunakannya sebagai template untuk project Anda maka perlu di-unminify terlebih dahulu, salah satunya dengan https://unminify.com/.

Kabar baiknya jika Anda ingin menggunakan template ini di Laravel, sudah ada implementasinya di hafeez1042/Adminator-HTML5-Admin-Template-Laravel-Implementation yang dibuat oleh Hafeez.


git clone https://github.com/hafeez1042/Adminator-HTML5-Admin-Template-Laravel-Implementation.git

Tinggal Anda clone kemudian copy-kan semuanya. paste (replace) ke dalam folder utama project Laravel Anda. Oh ya ada satu catatan serius, Anda harus ambil (copy) folder vendor dari source code Adminator Colorlib yang terletak di Adminator-admin-dashboard/src/assets/styles/ lalu masukkan (paste) ke dalam folder resources/assets/sass/admin/, sebab Hafeez sepertinya lupa tidak memasukkan folder vendor tersebut, sehingga tanpa folder tersebut akan terjadi error serius saat dilakukan build.

Berikutnya, jalankan perintah berikut di folder utama project Laravel Anda untuk mulai mem-build:


npm install
npm run dev

Hasilnya Anda bisa akses di http://localhost:8000/admin/dashboard di Web Browser Anda setelah menjalankan perintah php artisan serve.

Halaman Admin project Laravel

Semoga bermanfaat.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *