Pemrograman

Cara Mendapatkan Dokumentasi Bootstrap Secara Offline

Bootstrap adalah toolkit untuk membangun antarmuka website yang responsif dengan lebih cepat dan mudah. Semua kebutuhan kita untuk membuat halaman web seperti grid atau layout, gambar, tipografi, dan elemen-elemen web lainnya sudah disediakan oleh Bootstrap. Kita hanya tinggal mengolahnya saja sesuai dengan apa yang kita inginkan.
Saat membuat halaman web dengan menggunakan Bootstrap atau saat kita ingin mengedit bagian-bagian tertentu dari halaman web yang dibuat dengan Bootstrap, kita memerlukan dokumentasi yang akan menjadi referensi atau panduan bagaimana kita menggunakan class-class Bootstrap untuk hasil yang kita inginkan. Dokumentasi Bootstrap dapat kita lihat secara daring (online) di situs officialnya di https://getbootstrap.com/docs/4.0/getting-started/introduction/.
Masalahnya saat kita sedang belajar menggunakan Bootstrap atau sekedar ingin melihat dokumentasi harus dilakukan secara daring. Kita harus terhubung dengan internet. Ini memang bukan masalah bagi mereka yang selalu online atau punya kuota melimpah. Tapi, bagaimana dengan kita yang ingin membaca dokumentasi itu secara offline? pastilah mungkin kita akan menyimpannya dengan save halaman di browser atau melakukan print-out dan itu merupakan hal yang tidak praktis karena harus satu-satu dilakukan. Lalu adakah cara lain ?
Jawabannya: ya ada. Perlu diketahui bahwa dokumentasi Bootstrap yang kita lihat secara online dihosting di Github Pages, dan itu berarti kontennya bersifat statis, dibangun dengan Jekyll. Source Code dokumentasi Bootstrap ada di GitHub. Jika kita ingin mendapatkannya kita bisa mendownloadnya atau melakukan  clone
git clone https://github.com/twbs/bootstrap.git
(Sebelum mendownload, pada branch pilihlah tags untuk menentukan versi Bootstrap yang kita inginkan sebab jika tidak maka yang akan terdownload adalah versi Bootstrap 4 terbaru yang mungkin saja masih dalam versi dev.)
Setelah berhasil di download ke komputer kita, ekstrak kemudian masuk ke dalam folder bootstrap dan langkah selanjutnya jalankan:
bundle install
Berikutnya jalankan perintah:
bundle exec jekyll serve
Setelah itu, kita bisa langsung membukanya di browser dengan mengetikkan:
localhost:9001
Selamat mencoba..

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *