Pemrograman

Apa Itu Markdown

Markdown adalah sebuah lightweight markup language (LML) yaitu bahasa markup untuk web yang mudah dan sederhana dengan sintaks pemformatan teks biasa tanpa adanya tag-tag seperti pada umumnya HTML. LML memang dirancang agar mudah ditulis menggunakan teks editor dan mudah dibaca sekalipun dalam bentuk sintaks tanpa perlu menunggu hasil akhirnya di web browser meski memang ditujukan untuk ditampilkan di web browser namun LML juga ditujukan agar bisa dibaca dalam bentuk mentahnya.
Beberapa bahasa markup LML seperti AsciiDoc, BBCode, Creole, Markdown, JsonML, txt2tafs, Wikitext, dan lain-lain digunakan untuk data konten pada blog atau halaman web yang isi kontennya berasal dari kolaborasi user-user yang menulisnya.
Markdown dirancang untuk dapat dikonversi ke HTML agar dapat ditampilkan di web browser sama seperti LML lainnya. Markdown umumnya digunakan untuk membuat file README, pesan pada diskusi online, atau membuat konten tulisan pada halaman blog.
Markdown diciptakan pada tahun 2004 oleh John Grubber yang dibantu oleh Aaron Swartz, dimana tujuannya adalah untuk dapat dibaca sebaik mungkin dan dipublikasikan apa adanya, sebagai teks biasa, tanpa terlihat seperti ditandai dengan tag atau instruksi pemformatan.

Sintaks Markdown telah dikembangkan dengan menambahkan konversi untuk catatan kaki, table, dan elemen dokumen lainnya, dan tidak hanya ditujukan untuk halaman web saja, tapi juga untuk ebook, email, slide show, dan lain-lain. Markdown kini banyak digunakan oleh situs-situs seperti GitHub, GitLab, Bitbucket, Reddit, Diaspora, Stack Exchange, StackOverFlow, SourceForce, OpenStreetMap, dan situs-situs lainnya.

Bagaimana cara menggunakan sintaks Markdown, kalian bisa lihat di markdownguide.org

cafeteria
Admin Cafeteria ID

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pemrograman