Komputer

Cara Submit URL dengan Fetch As Google di Webmaster Tools atau Google Search Console

Fetch As merupakan salah satu fitur Crawl dari Google Search Console yang membantu proses perayapan pada konten situs web agar terindeks dengan cepat di mesin pencarian Google.

Pertama-tama Anda harus masuk terlebih dahulu ke Google Search Console lalu memilih situs web yang ingin Anda jalankan proses pengindeksannya.

Setelah masuk ke dashboard, pada bagian sidebar kiri pilih Crawl, kemudian pilih Fetch As Google.

Masukkan url yang Anda inginkan, karena alamat situs web sudah tersedia, Anda hanya masukkan url selanjutnya.

Setelah memasukkan url, klik Fetch.

Apa perbedaan antara Fetch dengan Fetch And Render ? Fetch ditujukan bagi Anda yang ingin melakukan pengindeksan pada halaman yang baru Anda posting, sementara Fetch And Render adalah melakukan pengindeksan ulang karena adanya perubahan konten pada suatu halaman yang sudah diindeks sebelumnya.

Setelah muncul path-nya, klik Request Indexing.

Akan muncul kotak dialog “Choose submit method“.

Anda klik pada reCAPTCHA I’m not a robot (Anda pilih 3 gambar sesuai dengan apa yang diminta). Setelah reCAPTCHA sukses, kemudian pilih “Crawl only this URL” untuk memulai proses perayapan (crawl) Googlebot pada konten halaman sesuai dengan URL yang diberikan. Jika Anda memilih “Crawl this URL and its direct links” maka perayapan juga akan dilakukan pada link-link yang terdapat dalam konten halaman URL tersebut.

Selesai, maka statusnya menjadi “Indexing requested”.

Selama mencoba.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *