Informasi

Hari Aksara Internasional 2018: Kembangkan Keterampilan Melalui Aksara

Hari Aksara Internasional atau International Literacy Day (ILD) yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 8 September sejak 1967 oleh UNESCO sebagai organisasi resmi PBB di bidang pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan, tahun 2018 ini memiliki tema “Pengembangan Keaksaraan dan Keterampilan”.
Tujuan akhirnya dari ILD adalah untuk mengingatkan masyarakat dunia akan pentingnya mengenal aksara sebagai bagian dari hak asasi manusia sehingga tercipta masyarakat yang melek huruf. ILD 2018 ini diselenggarakan melalui event global yang di dalamnya terdapat seremoni pemberian penghargaan International Literacy Prizes UNESCO, even-even regional yang diselenggarakan di setiap negara, dan perayaan selebrasi di virtual spaces.
Tema ILD 2018 fokus pada pemuda dan usia dewasa dalam kerangka pembelajaran terus menerus melalui keaksaraan, karena akasara memiliki hubungan dengan keterampilan manusia. Keterampilan berarti pengetahuan, kemampuan, dan kompetensi yang diperlukan dalam pekerjaan dan dunia karir khususnya keterampilan yang bersifat teknis dan kejuruan, serta keterampilan digital.
Sumber: https://en.unesco.org/commemorations/literacyday

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *