Informasi

Cara Menonaktifkan dan Menghapus Permanen Akun Facebook

Facebook, siapa hari ini yang tidak mengenal situs jejaring sosial satu ini, dengan jumlah pengguna yang mencapai 2,196 milyar menjadikan Facebook sebagai raja-nya media sosial, bertengger paling atas disusul Youtube, Whatsapp, Instagram, dan Twitter.

Pengguna Facebook memang paling banyak, akan tetapi pengguna Facebook bisa datang dan pergi kapan saja. Satu orang pengguna bisa saja memiliki lebih dari satu akun, kemudian akan menghapus satu akunnya dan membuat akun baru. Hal ini bisa terjadi di situs sosial media lainnya, akan tetapi mungkin tidak sebanyak di Facebook. Selain karena persoalan memiliki lebih dari satu akun yang membuat seseorang akan menghapus atau menonaktifkan akunnya, persoalan lainnya adalah ketidaknyamanan pengguna saat menggunakan Facebook miliknya. Namun, meskipun demikian, mungkin sangat sedikit pengguna yang akan meninggalkan Facebook sepenuhnya dan beralih ke media sosial lain karena Facebook adalah media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang-orang saat ini jika bukan karena persoalan yang serius hingga mengganggu kehidupan pribadinya.

Jika kamu adalah salah satu orang yang memiliki niat untuk menghapus akunmu dalam waktu dekat, apapun alasannya, mungkin kamu perlu tahu beberapa informasi tentang penghapusan atau penonaktifan akun facebookmu, salah satunya adalah perbedaan antara menghapus dan menonaktifkan serta bagaimana cara untuk melakukannya.

Perbedaan Menonaktifkan dan Menghapus Akun Facebook

Menonaktifkan Akun

  • Kamu bisa login kapan saja dan seketika akunmu akan aktif kembali
  • Saat akunmu dalam status nonaktif, temanmu atau seseorang tidak akan bisa lagi melihat halaman profilmu atau mencari-cari kamu di kotak pencarian. Namun, namamu masih ada dalam daftar pertemanan teman kamu, begitu pun dengan pesan kamu terutama Messenger masih dalam kondisi aktif. Jika kamu menjadi anggota suatu group, namamu juga masih bisa terlihat oleh Admin group di group tersebut beserta dengan postingan atau komentar yang pernah kamu kirim.

Menghapus Akun

  • Kamu bisa login kembali dalam jangka waktu 14 hari sejak kamu melakukan penghapusan akun Facebookmu dan seketika kamu akan mendapatkan notif apakah akan tetap menghapus atau membatalkan penghapusan. Jika lewat dari 14 hari maka akunmu akan terhapus secara permanen dan kamu tidak bisa login kembali untuk mengaktifkan akun Facebookmu.
  • Messenger Facebook tidak bisa diakses
  • Pesan ke teman kamu masih bisa terbaca oleh temanmu, tapi tidak bisa dibalas dan tidak ada foto profilnya

 

Cara Menonaktifkan dan Menghapus Akun Facebook

Akhirnya, disinilah poinnya setelah kamu tahu informasi dan perbedaan, kamu bisa melakukan tindakan selanjutnya yaitu cara menonaktifkan dan menghapus akun Facebook.

Cara Menonaktfikan Akun Facebook

  1. Klik tanda segitiga kecil terbalik di ujung kanan atas halaman maka akan tampil menu, kamu pilih Pengaturan
  2. Pada halaman Pengaturan Umum Akun, kamu klik Kelola Akun.
  3. Klik Nonatifkan akun Anda
  4. Masukkan password Facebookmu
  5. Beri tanda centang dengan cara mengklik alasan kamu ingin menonaktifkan akun Facebookmu. Jika alasanmu cukup spesifik, kamu bisa menuliskan alasanmu sendiri pada kolom yang disediakan. Jika kamu tidak ingin terganggu dengan email yang berisi informasi-informasi dari akun Facebookmu, kamu juga bisa beri tanda ceklis pada pilihan Tolak email.
  6. Akhiri dengan klik tombol Tutup dan seketika kamu akan keluar dari akun Facebookmu. Kamu bisa kembali kapan saja untuk mengaktifkan akunmu dengan login seperti biasa.

 

Meskipun Akunmu sudah nonatifk, namun tidak dengan Messenger. Jika kamu ingin menonaktifkan Messenger juga, kamu bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini:
  1. Buka aplikasi Messenger
  2. Ketuk foto profil anda di sudut kiri atas, pilih Privacy & Ketentuan, kemudian pilih Nonaktifkan Messenger.
  3. Masukkan password dan ketuk lanjutkan
  4. Ketuk Nonaktifkan

 

Kamu bisa mengaktifkan kembali Messenger kapan saja namun jika kamu mencoba login ke Messenger-mu itu berarti kamu juga akan mengaktifkan ulang akun Facebookmu. Jika kamu tidak ingin mengaktifkan Facebookmu tapi tetap ingin menggunakan Messenger, satu-satunya cara jangan menonaktifkan Messenger.

Cara Menghapus Permanen

    1. Klik tanda segitiga kecil terbalik di ujung kanan atas halaman maka akan tampil menu, kamu pilih Pengaturan
    2. Pada tampilan menu di sisi kiri halaman, kamu klik Informasi Facebook Anda 
    3. Kemudian pilih Hapus Akun dan Informasi Anda
    4. Masukkan password Facebookmu
    5. Klik tombol Hapus Akun  dan seketika kamu akan keluar dari akun Facebookmu
    6. Saat temanmu mencoba mengakses halaman profil Facebookmu maka akan tampil halaman yang bertuliskan “Maaf, konten ini tidak tersedia saat ini”

      7. Jika kamu login kembali ke akun Facebookmu sebelum lewat 14 hari semenjak kamu menghapuskan akunmu maka akan tampil pemberitahuan yang menyatakan bahwa akunmu dalam proses penjadwalan untuk dihapuskan secara permanen, kamu bisa memilih opsi untuk membatalkan penghapusan atau meneruskan kembali penghapusan.

Demikianlah cara untuk menonatifkan dan menghapus akun Facebook jika kamu memutuskan untuk melakukan salah satu dari keduanya. Informasi soal ini bisa kamu dapatkan juga melalui halaman bantuan Facebook. Terima kasih sudah menyimak, semoga membantu.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *