Informasi

Daniel Zhang Sang Penerus Jack Ma di Alibaba

Tahun ini (2018) adalah tahun terakhir Alibaba dipimpin langsung oleh Jack Ma sebagai founder Alibaba. Posisinya sebagai Chairman Executive akan digantikan oleh Daniel Zhang yang saat ini menjabat sebagai CEO Alibaba. Jack Ma memutuskan untuk pensiun mengakhiri karirnya selama hampir 2 dekade membangun dan membesarkan Alibaba sehingga menjadi perusahaan paling terkenal di China yang telah mengantarkan namanya masuk ke dalam daftar orang yang paling berpengaruh di dunia.

Siapakah Daniel Zhang sang pengganti Bos Alibaba?

Daniel Zhang atau Zhang Yong dulunya adalah seorang akuntan jebolan Universitas Keuangan dan Ekonomi Shanghai yang diboyong Zack Ma dari perusahaan Shanda Interactive Entertainment Ltd (operator game online besar China) pada tahun 2007 untuk menempati posisi CFO di Taobao (anak perusahaan Alibaba). Taobao adalah situs berbelanja online berbahasa mandarin yang didirikan pada Mei 2003, serupa dengan eBay dan Amazon di Amerika. Sebelum bekerja di Shanda, Zhang yang memiliki julukan “Xiāoyáo Zi” yang berarti “”Free and Unfettered Person” oleh karyawan Alibaba, pernah bekerja di PriceWaterhouseCoopers and Arthur Andersen setelah lulus dari kuliahnya. Pada tahun 2008, setahun setelah direkrut menjadi CFO, Zhang diangkat menjadi COO Taobao. Tiga tahun kemudian, 2011, Zhang diangkat menjadi Presiden Taobao Mall, setelah Taobao oleh Jack Ma dipecah menjadi tiga perusahaan spin-off, yaitu: eTao, Taobao Mall, dan Taobao Marketplace. Taobao Mall kemudian diubah oleh Zhang menjadi Tmall.

Daniel Zhang (Foto: Vivek Prakash/Bloomberg)

Kiprah Zhang luar biasa selain mengubah Taobao Mall menjadi Tmall dan mulai menjual barang-barang berkualitas tinggi langsung dari pedagang bermerk. Hal ini turut membantu mengubah citra Alibaba di pasar dunia sehingga pada tahun 2012 Amerika Serikat pun mengeluarkan Alibaba dari daftar “Notorious Markets”. Notorious Markets merupakan daftar yang berisikan pasar dan situs web yang telah melakukan pelanggaran kekayaan intelektual yang berskala besar. Tak berhenti sampai disitu, Zhang adalah arsitek utama dari penyelenggaraan Alibaba’s Singles’ Day extravaganza yang merupakan hari berbelanja online tahunan yang telah menghasilkan $ 25 milyar yang diselenggarakan di lebih dari 200 negara.

Pada tahun 2013, 2 tahun setelah menjadi Presiden Tmall, Zhang menjadi COO Alibaba, sebelum akhirnya 2 tahun kemudian diangkat menjadi CEO Alibaba menggantikan Jonathan Lu. Pada 10 September 2018, tepat pada hari ulang tahun Jack Ma ke 54 tahun, Zhang diumumkan oleh Zack Ma akan menggantikan dirinya sebagai Chairman Executive pada 1 tahun mendatang atau 10 September 2019.

Daniel Zhang lebih dikenal sebagai seorang yang berpikir keuangan daripada visioner teknologi, kini akan menjadi nakhoda untuk perusahaan yang memiliki nilai pasar US$ 542 milyar dan menjadi salah satu dari 10 perusahaan yang paling bernilai dan terbesar di dunia, dan nomor dua di Asia setelah Tencent.

Kira-kira akan kemanakah Zack Ma setelah tidak lagi mengurus Alibaba?

cafeteria
Admin Cafeteria ID

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi