Informasi

Alur Pendaftaran CPNS Tahun 2018

Pemerintah telah resmi mengumumkan rekrutmen CPNS 2018 dimana pendaftaran akan mulai dilakukan pada tanggal 26 September 2018. Informasi formasi dan persyaratan pada masing-masing instansi baik pusat maupun daerah dapat dilihat di situs SSCN pada menu pencarian lowongan. Kamu bisa melakukan pencarian hanya berdasarkan pendidikan, berdasarkan lokasi formasi, atau kombinasi pendidikan dan lokasi formasi agar mendapatkan hasil yang spesifik, kemudian tekan tombol cari. Proses loading mungkin akan memakan waktu cukup lama tergantung pada kecepatan internet dan waktu kapan kamu mengaksesnya.

Saat ini sampai waktu pendaftaran di mulai tanggal 26 September, kamu tidak bisa melakukan registrasi.

Berikut ini kami sedikit memberikan informasi Akur Pendaftaran berdasarkan info grafis Alur Pendaftaran CPNS Tahun 2018 dari KemenpanRB, sebagai berikut:

  1. Pendaftaran CPNS dilakukan melalui Portal SSCN yaitu https://sscn.bkn.go.id
  2. Sebelumnya kamu harus memiliki akun portal SSCN, caranya dengan mengklik menu Registrasi kemudian isikan sesuaikan dengan data kamu, yaitu: NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga, dan alamat email kamu yang aktif. Isikan password yang akan nantinya akan kamu pakai buat login, masukkan juga pertanyaan keamanan. Unggah pas photo minimal 120 kb dan maksimal 200 kb dengan format JPG atau JPEG. Terakhir cetak Kartu Informasi Akun SSCN 2018.
  3. Setelah kamu memiliki akun Portal SSCN, kamu bisa melakukan login sesuai dengan informasi akunmu, yaitu NIK dan Password.
  4. Setelah berhasil login, kamu diminta untuk menggunggah foto diri sambil memegang KTP dan Kartu Informasi AKun SSCN 2018 sebagai bukti kamu telah melakukan pendaftaran
  5. Pilih instansi yang kamu inginkan, formasi, dan jabatan sesuai pendidikan. Ingat kamu hanya boleh melamar satu jabatan pada satu formasi dan satu instansi saja.
  6. Lengkapi data pada form yang disediakan
  7. Unggah dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan instansi yang kamu lamar, atau kamu kirimkan dokumen fisik tersebut ke alamat yang tercantum (Hal ini hanya berlaku jika instansi tersebut mencantumkan persyaratan untuk mengirimkan berkas fisik)
  8. Cek isian yang telah diisi pada form Resume
  9. Cetak (print out) Kartu Pendaftaran SSCN 2018
  10. Berkas yang kamu kirim akan melalui proses verifikasi dan penyeleksian oleh Tim Verifikator. Jika berkasmu lolos verifikasi maka kamu akan menerima Kartu Ujian yang akan digunakan untuk mengikuti proses seleksi berikutnya yaitu tes CAT BKN dan tes-tes lainnya.
  11. Jika kamu sudah melalui tes-tes sesuai dengan ketentuan, untuk informasi kelulusannya sendiri akan diumumkan oleh Panitia Seleksi CPNS dari instansi terkait.
Demikian informasi ini, semoga bermanfaat.
cafeteria
Admin Cafeteria ID

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Informasi