Informasi

Selamat Datang Nussa dan Rara

Nussa dan Rara adalah dua karakter utama dari film Nussa (@nussaofficial), sebuah film animasi pendek bertemakan Islami yang merupakan karya kolaborasi dari The Little Giantz (@thelittlegiantz ) dan 4Stripe Productions (@4stripe_productions).

Ditayangkan perdana pada 20 November 2018 kemarin (yang sebenarnya sudah diupload sehari sebelumnya) di YouTube dengan judul “Nussa : Tidur Sendiri, Gak Takut!” dan sampai saat ini sudah ditonton lebih dari 3,7 juta kali.

Durasi tayangannya hanya 3,29 menit, namun isinya sarat edukasi mengajarkan adab tidur seorang muslim. Ceritanya tentang Rara, adik perempuan dari Nussa yang takut tidur sendirian. Ibunya kemudian menyuruh Nussa menemani adiknya itu. Saat menemani Rara, sebelum tidur, Nussa mengajarkan cara tidur langkah demi langkah. Mulai dari menyapukan tempat tidur, berwudu, dan membaca ayat Kursi disusul tiga surat Qul (al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Nas masing-masing tiga kali) kemudian ditiupkan ke tangan. Setelah itu menyapukannya ke wajah dan seluruh badan yang bisa dijangkau. Tidur miring ke sebelah kanan menghadap kiblat, terakhir membaca doa:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
Bismillahirrahmanirrahim
ببِسْمِكَ أَللَّهُمَّ أَمُوْتُ وَ أَحْيَا
Bismika Allahumma amuutu wa ahya

Setelah mengajarkan Rara adab-adab tidur sampai berdoa, seketika Nussa tidur lelap di sisi pembaringan Rara. Rara tersenyum dan tidak terlihat takut lagi seperti sebelumnya.

Alur ceritanya sangat sederhana, lucu dan menggemaskan. Disajikan dengan kualitas animasi yang sudah berstandar internasional. Tayangan perdana animasi Nussa menjawab kehausan orang tua terutama dari keluarga muslim akan tayangan yang mendidik putera dan puteri mereka, di tengah gempuran tayangan-tayangan yang merusak, terutama di YouTube, menjadi alternatif tontonan yang menghibur sekaligus mengedukasi.

Episode Kedua Nussa berjudul: “Nussa: Makan, Jangan Asal Makan” ditayangkan pada 22 November 2018. Tayangan dalam bentuk video musikal ini mengajarkan tentang bagaimana adab makan dalam Islam. Dimulai dari cuci cuci tangan, mengucapkan bismillah, menggunakan tangan kanan, makan tidak berdiri, tidak meniupkan makanan yang masih panas, dan minum dengan tiga tegukan. Liriknya sederhana dengan irama yang bersahabat untuk anak-anak.

Berikut liriknya:

Makan, jangan asal makan
Perut buncit langsung kenyang
Makan pakai aturan yang Nabi ajarkan
 
Makan, jangan asal makan
Perut buncit langsung kenyang
Raihlah keberkahan dalam setiap makan
 
Let’s go… let’s go… let’s go… let’s go…!!!
 
Reff:
 
Cuci bersih tanganmu…
Ucapkanlah Bismillah
Gunakan tangan kananmu
Biasakan tak berdiri
 
Jangan tiup yang panas
Lebih baik dikipas
Minum dalam tiga tegukan
Satu… dua… tiga…
 
Reff:
 
Cuci bersih tanganmu…
Ucapkanlah Bismillah
Gunakan tangan kananmu
Biasakan tak berdiri
 
Jangan tiup yang panas
Lebih baik dikipas
Minum dalam tiga tegukan
Satu… dua… tiga…

Bagaimana? Menarik bukan? Episode kedua Nussa yang berdurasi 2.21 menit ini sudah ditonton lebih dari 2 juta kali.

Siapa sebenarnya pengisi suara kedua karakter animasi Nussa dan Rara ini ? mereka adalah Muzakki Ramdhan (@m.u.z.a.k.k.i) sebagai Nussa dan Aysha Razaana Ocean Fajar (@ocean_fajar) sebagai Rara. Muzakki sendiri sudah tidak asing karena pernah tampil di acara televisi sebagai host (funtime di RTV), model cilik, bintang iklan, dan aktor film (Folklore: A Mother’s Love; The Returning, dll), sementara Aysha Razaana Ocean Fajar mungkin ini adalah debut pertamanya di media hiburan.

Sumber gambar: @m.u.z.a.k.k.i

Bila melihat jumlah tayangan dari kedua episode Nussa, maka bisa dikatakan publik memiliki animo yang besar terhadap media hiburan yang mendidik untuk keluarga. Hal ini juga tidak lepas dari dukungan Ustadz Felix Siauw (@felixsiauw), Ustadz Abdul Somad (@ustadzabdulsomad), dan beberapa publik figur yang ikut mempromosikan Nussa sebagai bentuk komitmen pada pendidikan dan moral generasi muda. Nussa adalah jawaban dari kerinduan kita selama ini.

Tentu saja, kita berharap tidak hanya Nussa, tapi akan ada tayangan-tayangan berkualitas lain khususnya film kartun animasi yang hadir dan melengkapi kebutuhan masyarakat Indonesia terutama anak-anak, generasi muda yang masih hijau ini dan butuh banyak asupan edukasi. Apalagi jika tayangan tersebut bisa dinikmati di hadapan kita di rumah melalui televisi menggantikan tayangan-tayangan yang tidak ramah (mistis, kekerasan, dll) yang selalu mengatasnamakan pesan moral padahal hanya untuk kepentingan rating.

Semoga saja Nussa dan Rara, dapat dikembangkan sehingga menjadi serial seperti film animasi pendahulunya yang lebih dulu hadir seperti Adit Sopo Jarwo atau Upin dan Ipin. Apakah mungkin? Semua tak lepas dari dukungan kita. Mari support Nussa sebagai tayangan hiburan anak-anak yang mendidik khususnya untuk keluarga muslim dengan cara menyaksikannya, subscribe channelnya, like, dan bagikan.

Selama datang Nussa dan Rara, semoga kalian bisa menjadi inspirasi yang menghibur sekaligus mengenalkan ajaran Islam pada anak-anak muslim Indonesia dan Dunia.. Aamiin.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *