Pemrograman

Cara Upgrade XAMPP Windows Step by Step

XAMPP merupakan web server yang cukup familiar oleh banyak pengguna untuk menjalankan aplikasi berbasis PHP di komputer local atau localhost. Berbeda dengan aplikasi yang umumnya mudah di-upgrade atau upgraded able dengan hanya menekan menu update / upgrade jika versi terbaru tersedia, XAMPP tidak demikian. Kita harus menginstal versi terbaru XAMPP secara manual jika ingin upgrade. Ada beberapa alasan kenapa kita ingin meng-upgrade XAMPP, salah satu alasannya agar kita bisa menyesuaikan dengan perkembangan XAMPP terbaru atau meningkatkan versi PHP dan MySQL yang kita gunakan.

Persiapan

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum melakukan upgrade, antara lain:

Backup database

  1. Buka XAMPP Control Panel dengan Run as administrator, aktifkan hanya modul/service MySQL
  2. Pilih Shell, maka jendela Command Prompt akan terbuka, jalankan perintah berikut: mysqldump –u root –p –all-databases > all-db-dump.sql.
  3. Akan muncul “Enter password:“, tekan enter jika kamu tidak memberi password pada user database (default).
  4. Tunggu hingga proses selesai, pada folder xampp kamu akan dapati satu file bernama “all-db-dump-sql“.
  5. Matikan service MySQL dengan menekan “Stop” pada XAMPP Control Panel, kemudian klik Quit untuk menutup aplikasi XAMPP Control Panel.

Rename folder xampp (misal: xampp-old)

Rubahlah nama folder xampp dengan nama lain yang kita inginkan, contohnya: xampp-old. Tujuannya agar saat melakukan proses penginstalan xampp yang baru tidak menimpa folder xampp yang sudah ada.

Setelah melakukan persiapakan di atas, selanjutnya download XAMPP untuk Windows terbaru di website official-nya di https://www.apachefriends.org/index.html . Versi terbaru XAMPP saat tulisan ini dibuat adalah 7.2.12.

Instalasi

Jika sudah di download, langkah berikutnya adalah menginstalnya seperti biasa. Setelah itu, ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka XAMPP Control Panel dengan Run as administrator. Aktifkan Apache dan MySQL.
  2. Pindahkan folder project PHP kamu yang ada di dalam htdocs pada xampp-old ke xampp yang baru, jangan lupa untuk memindahkan juga file database all-db-dump.sql yang berada di dalam folder xampp-old ke dalam folder xampp.
  3. Buka file php.ini (lokasi: xampp/php/php.ini) dengan menggunakan text editor seperti Sublime Text, lalu ubah nilai dari upload_max_filesize, memory_limit, dan post_max_size sesuai dengan nilai yang kamu inginkan atau menggunakan nilai berikut:
    1. upload_max_filesize=100M
    2. memory_limit=256M
    3. post_max_size=32M
  4. Buka file ‘xampp/phpMyAdmin/libraries/config.default.php‘, kemudian cari $cfg[‘ExecTimeLimit’] = 300; ubah nilainya dari 300 menjadi 600;
  5. Restart Apache dan MySQL pada XAMPP Control Panel.

 

Import Database

Berikutnya kita akan melakukan import database yang sudah kita backup. Kita bisa melakukan import melalui dua cara (pilih salah satu):

Melalui CLI

  1. Buka XAMPP Control Panel, aktifkan MySQL, kemudian pilih Shell, pada jendela Command Prompt yang muncul jalankan perintah berikut untuk mengimport:
    Mysql –u root –p < all-db-dump.sql
  2. Masukkan password, atau tekan saja tombol enter jika kamu belum mengatur password. Tunggu hingga proses selesai
  3. Jalankan perintah berikut: mysql_upgrade


Melalui phpMyAdmin

  1. Buka XAMPP Control Panel, aktifkan Apache dan MySQL.
  2. Jalankan localhost/phpmyadmin di browser
  3. Masuk ke bagian import database dengan klik import pada tab
  4. Klik choose file untuk memilih file database yang sudah kita backup sebelumnya di xampp-old
  5. Klik Go untuk memulai. Tunggu hingga proses import database selesai, biasanya memakan waktu yang cukup lama tergantung pada banyaknya database dan table.
  6. Jika sudah berhasil akan ditandai dengan notice warna kuning bertuliskan “Import has been successfully finished, n queries executed. (all-db-dump.sql)”
  7. Setelah itu, buka kembali XAMPP Control Panel, buka Shell, pada Command Prompt yang muncul, jalankan perintah berikut: mysql_upgrade

Akhirnya, database sudah berhasil diimport, upgrade XAMPP sudah berhasil. Terakhir, hapus folder xampp-old (jika kamu tidak ingin memerlukannya). Demikian cara untuk upgrade XAMPP Windows Step By Step, semoga membantu.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *