Komputer

Cara Mengatasi Masalah Internet Download Manager yang Tidak Muncul di Google Chrome

Internet Download Manager atau hanya dikenal sebagai akronimnya saja, yaitu IDM. Adalah sebuah aplikasi download manager yang sangat populer digunakan untuk mengunduh berbagai berkas di internet dengan lebih cepat bila dibanding dengan pengunduhan lewat browser dan meminimalisir kegagalan unduh dengan menyediakan opsi untuk melanjutkan pengunduhan yang belum selesai karena mengalami gangguan.

Penggunaan IDM yang sangat fungsional ini, terutama di desktop, terkadang mengalami masalah dengan tidak tampil saat link unduhan di klik. Alih-alih berharap interface IDM muncul, justru unduhan berjalan di browser. Atau ketika kita sedang membuka video di YouTube, IDM yang biasa muncul otomatis di pinggir kanan atas video menjadi tidak muncul.

Bagaimana cara mengatasinya? Itulah pertanyaan kita, yang dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini semoga bisa membantu menjawabnya.

Jika kita membuka halaman menu Extensions browser Chrome yang bisa kita akses melalui more tools > Extensions, atau dengan mengetikkan pada address baru: “chrome://extensons” (tanpa tanda petik), perhatikan apakah ekstension IDM Integration Module terlihat? Jika terlihat namun tidak bekerja, silahkan remove saja. Jika tidak eksis, lakukan langkah berikutnya:

Pergi ke File Explorer, buka folder Internet Download Manager yang biasanya terdapat di Program Files (jika komputer kita 64 bit, cari di Program Files (x86)), temukan file yang bernama IDMGCExt.crx, lalu seret ke halaman menu Extensions Google Chrome. Langkah ini akan mengulang integrasi Extensions IDM ke browser Google Chrome. Tanpa restart browser, jika tak mengalami kendala, IDM sudah bisa kembali bekerja. Silahkan tes dengan membuka YouTube atau mengunduh file.

Semoga informasi ini bermanfaat..

cafeteria
Admin Cafeteria ID

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Komputer