Penetapan Awal Puasa Ramadhan Selalu Dinanti

Tidak terasa, Puasa tinggal beberapa jam lagi. Sebelumnya banyak teman dan kerabat bertanya, Puasa jatuh pada tanggal berapa? tanggal 5 atau 6 Mei 2019? Bulan Ramadan menjadi bulan yang paling mulia di dalam kalender Islam dimana pada bulan ini saat kitab suci Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.
Penetapan awal puasa Ramadan mungkin akan berbeda antar satu wilayah dengan wilayah lainnya. Hal ini dikarenakan hilal terkadang tidak terlihat akibat terhalang gerombolan awan di angkasa.
Mengutip dari maklumat dari PP Muhammadiyah nomor 01/MLM/I.0/E/2019, 1 Ramadan 1440 H jatuh pada Senin, 6 Mei 2019. Maka dari itu umat muslim bisa melaksanakan salat Tarawih pada Minggu, 5 Mei 2019 malam. Penetapan ini didasarkan pada hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.
Dan seperti biasanya Pemerintah melalui kementrian agama akan mengadakan sidang Isbat untuk penetapan awal Ramadhan 1440 Hjriah. Sidang Isbat tersebut diagendakan pada 5 Mei 2019, yaitu pada hari ini “Minggu” meski sudah beredar kabar bahwa puasa ramadhan akan dimulai besok pada tanggal 6 Mei 2019.
Sidang Isbat tersebut rencananya akan dimulai pada pukul 16.00 WIB yang akan diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama mengenai posisi hilal menjelang awal Ramadan 1440 H. Disamping itu, Kementerian Agama juga akan menerjunkan sejumlah pemantau hilal (gabungan dari Kemenag daerah, Pengadilan Agama, Ormas Islam, dan Instansi terkait) di seluruh provinsi di Indonesia.
Kita tunggu hasil sidang Isbat hari ini. Tidak sabar rasanya merasakan suasana Bulan Ramadha, Bulan yang penuh Berkah.
Leave a Comment