Google Doodle: Merayakan Hari Jadi Taman Nasional Lorentz

Pernahkah anda mendengar nama Taman Nasional Lorentz? Jika tidak, mungkin anda pernah mendengar Gunung Punjak Jaya (Carstensz Pyramid) yang merupakah satu dari tujuh puncak dunia (Seven Summits) oleh Reinhold Messner dengan ketinggian 4.884 mdpl (meter dari permukaan laut). Nah, Puncak Jaya ini berada di Taman Nasional Lorentz. Jadi, benar, Taman Nasional ini persis berada di Papua – Indonesia, atau lebih tepatnya di Distrik Sawaerma, Kabupaten Asmat.

Taman Nasional Lorentz mulai didirikan secara resmi oleh Pemerintah Indonesia pada 1997 dan mulai ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1999. Luas areanya mencapai 24.864 kilometer persegi sehingga menjadi taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Perihal namanya yang terdengar asing karena nama taman ini “Lorentz” diambil dari nama Hendrikus Albertus Lorentz, seorang penjelajah Belanda yang mengunjungi daerah itu pada 1909.

Demi melindungi kekayaan hayati di Taman Nasional Lorentz dari ancaman penebangan dan perburuan satwa liat maka taman ini dilindungi oleh UNESCO dan Federasi Satwa Liar Dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *