Cara Membuat Bootable Flashdisk macOS Catalina

Sama seperti Windows, Bootable USB Flashdisk digunakan sebagai installer untuk menginstal sistem operasi macOS melalui flashdisk. Untuk menginstal macOS di Mac memang bisa dilakukan secara langsung melalui installer macOS yang sudah diunduh tanpa harus membuat bootable flashdisk, namun dengan membuat bootable flashdisk kita dapat menggunakannya untuk menginstal macOS di komputer lain atau di komputer kita sendiri tanpa harus mengunduh ulang yang pastinya akan membuang waktu dan kuota internet kita.

Oke, langkah apa yang harus kita lakukan untuk membuat bootable flashdisk macOS Catalina?

Persiapan

1. Flashdisk minimal 16 GB

Minimal anda memerlukan flashdisk yang berukuran cukup besar mengingat macOS Catalina memiliki ukuran 8,14 GB, lebih besar daripada macOS Mojave sebelumnya yang hanya berkisar 6,05 GB. Jadi, saya sarankan gunakan flashdisk minimal 16 GB atau 9 GB ke atas.

2. Koneksi internet yang stabil

Kecepatan dan kestabilan koneksi internet yang anda pakai sangat berpengaruh pada kelancaran proses unduhan. Jika anda merasa yakin dengan koneksi internet anda silahkan pakai, tapi jika tidak anda bisa cari alternatif lain, misal menggunakan WiFi.id di WiFi Corner.

Mulai

Download installer macOS Catalina di App Store

Buka App Store, kemudian ketik “Catalina” dalam pencarian, pilih “macos catalina” yang tampil pada saran hasil pencarian.

Klik “VIEW” pada hasil pencarian yang tampil

Klik “GET” untuk memulai proses unduhan

Tunggulah hingga proses unduhan selesai. (Selagi masih menunggu kita bisa mempersiapkan flashdisk yang akan kita gunakan sebagai bootable flashdisk)

Akan tampil jendela installer macOS Catalina.

Karena kita akan membuat installer bootable flashdisk, silahkan tutup saja jendela installer tersebut dengan cara klik “Quit” pada Dock.

Memformat Flashdisk

Sebelum flashdisk bisa anda gunakan, anda perlu memformatnya terlebih dahulu menggunakan Disk Utility. Buka Launcpad dari Dock (bisa juga dengan menekan tombol F4), lalu ketik “disk utility” atau “disk”.

Atau anda bisa menggunakan fitur Spotlight Search (tekan kombinasi tombol Command + Spasi), lalu ketik “disk utility” atau “disk”.

Maka akan tampil jendela Disk Utility sebagai berikut.

Terlihat bahwa saya sudah memasukkan flashdisk yang sebenarnya sudah saya gunakan sebagai bootable macOS Mojave dan kali ini saya ingin menghapusnya. Klik “Erase”.

Muncul jendela kecil berisi nama yang akan anda masukkan sebagai nama flashdisk (terserah anda ingin memasukkan nama apa). Untuk format flashdisk pilih “Mac OS Extended (Journaled)”. Setelah selesai, klik “Erase”.

Klik “Done” untuk mengakhiri proses format.

Membuat Bootable Flashdisk.

Ini adalah proses terakhir untuk membuat bootable flashdisk macOS Catalina. Dalam proses ini kita membutuhkan terminal dan finder.

Buka Finder (tekan ALT + COMMAND + SPACE), pergi ke Application (tekan SHIFT + COMMAND + A), cari file bernama “Install macOS Catalina.app”.

Catatan: 

Untuk memunculkan ekstension file pada Finder, anda hanya perlu pegi ke Finder Preferences (tekan COMMAND + , [koma]). Pilih tab “Advanced”, ceklis pada pilihan “Show all filename extensions”.

Klik kanan atau tekan CONTROL + klik pada “Install macOS Catalina.app” untuk memunculkan menu, pilih “Show Package Contents”.

Maka akan tampil folder “Contents”. Kemudian anda cari file bernama createinstallmedia di dalam Contens > Resources.

Selanjutnya buka Terminal (tekan COMMAND + SPACE, ketik “terminal”).

Setelah muncul terminal, ketik “sudo” spasi, lalu seret file createinstallmedia tersebut ke dalam terminal.

Lalu tambahkan –volume di Terminal, lalu tambah spasi

Kemudian seret drive flashdisk yang sudah kita format ke terminal

Setelah itu tekan enter, maka anda akan dimintai password.

Selanjutnya ketik: “y” untuk melanjutkan proses.

Tunggu proses berjalan.

Jika sudah selesai akan tampil sebagai berikut

Flashdisk Bootable macOS Catalina anda sudah siap untuk digunakan. Untuk menggunakannya, tekan dan tahan tombol OPTION saat Mac dihidupkan sampai muncul tampilan sebagai berikut:

Gunakan tombol panah untuk memilih dan tekan enter jika ingin memulai instalasi.

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *