Uncategorized

Olahraga Bisa Mengurangi Nyeri Haid

Nyeri dan badan pegal-pegal saat haid? Olahraga bisa membantu mengurangi rasa nyeri saat haid. Untuk teman-teman yang sering nyeri saat haid, sangat disaran untuk secara rutin berolahraga. Akan tetapi ketika saat sedang masa haid, tidak disarankan untuk berolahraga berat. Saat sedang masa haid bisa melakukan olahraga ringan dan sedang seperti seperti jogging, lari dan jalan sehat.

Menurut Pakar

Menurut dokter spesialias penyakit dalam Dr. dr. C. Heriawan Soejono, Sp. PD., K. Ger., M. Epid, olahraga memang bisa mengurangi nyeri haid jika dilakukan secara rutin. Hal itu dikarenakan saat tubuh beraktivitas, jantung akan lebih kuat memompa aliran darah, sehingga melancarkan keluarnya haid.

saat kita sedang berolahraga sebenarnya kita sedang melakukan proses mendorong aliran darah ke seluruh bagian tubuh sesempurna mungkin, dan itu juga menghisap seluruh sisa-sisa metabolisme.

Selain itu olahraga juga membantu jantung mengalirkan oksigen dan nutrisi dalam darah ke seluruh tubuh termasuk organ reproduksi wanita. Hal itu membuat rasa sakit saat haid jadi berkurang bahkan hilang sama sekali.

Semakin rutin berolahraga maka semakin besar kemungkinan untuk terhindar dari nyeri haid maupun kram perut dan sakit punggung. Sebaliknya, jika tidak berolahraga, maka akan ada sisa-sisa metabolisme tubuh yang sudah tidak terpakai dan akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri haid.

Aerobik secara rutin merupakan aktivitas terbaik yang dapat mengurangi nyeri haid. Karena aerobil dapat memproduksi hormon beta-endorfin yang merupakan zat apoid internal yang berfungsi sebagai zat anti nyeri.

Olahraga Ringan mengurangi Nyeri Haid

Contoh Olahraga ringan yang bisa dilakukan secara rutin untuk mengurangi nyeri hadi adalah sebagai berikut
1. Yoga
Aktivitas yoga terdiri dari kegiatan fisik yang dikombinasikan dengan relaksasi dan meditasi, terbukti dapat mengurangi kram perut pada penderita dismenorrhea primer. Bisa dilakukan secara rutin 60 menit 1 kali dalam seminggu

2. Jalan Santai atau Joging
Jalan santai atau joging bisa dilakukan secara rutin 3x dalam seminggu selama 30 menit setiap harinya.

Dan masih banyak olahraga ringan lainnya yang bisa dilakukan rutin utuk mengurangi rasa nyeri haid. Teman-teman bisa lihat tutorial video di youtube untuk peregangan-peregangan atau yoga sederhana untuk melemaskan ketegangan otot serta aliran darah ke seluruh bagian tubuh berjalan dengan lancar.

Sumber : https://wolipop.detik.com/

cafeteria

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *