LaravelPackagePemrograman

Mengenal Laravel Breeze

mengenal-laravel-breeze

Ada yang baru dari Laravel, namanya Laravel Breeze yang baru diluncurkan 10 November 2020 berdasarkan waktu commitnya di GitHub. Apa itu Laravel Breeze? Yea, sama seperti Jetstream, Breeze adalah package baru yang dirilis oleh Taylor dan tim Laravel berupa starter kit untuk memulai membangun antar muka Laravel dengan fungsi-fungsi yang telah berjalan terutama pada bagian otentikasi secara lebih sederhana dan mudah dimengerti bagi pengguna awam. Breeze menawarkan kemudahan daripada ketika anda menggunakan Jetstream di mana sebagian orang yang menggunakannya masih kebingungan.

Antar muka Breeze dibangun dengan Tailwind CSS dan mudah untuk dikustom sesuai keinginan anda. Namun, jika anda menginginkan sesuatu yang lebih tentu saja jawabannya adalah Laravel Jetstream. Laravel Breeze hanya alternatif untuk anda yang menginginkan starter kit yang lebih mudah dan sederhana untuk membangun aplikasi Laravel.

Untuk menginstalnya masih dengan cara yang sama. Laravel new my-app atau composer create-project --prefer-dist laravel/laravel my-app dimana my-app adalah nama project anda.

Masuk ke dalam folder project anda, yaitu my-app.

cd my-app

Instal package laravel/breeze.

composer require laravel/breeze --dev

Setelah terinstal packagenya kemudian dilanjutnya dengan proses instalasi dengan menggunakan php artisan.

php artisan breeze:install

Selanjutnya install npm.

npm install && npm run dev

Atur Database

Setelah anda menyiapkan aplikasinya atur pada file .env dengan memasukkan nama database dan username beserta password database yang anda gunakan. Jika anda menginstal melalui laravel installer nama database akan terisi otomatis sesuai dengan nama aplikasi sehingga anda hanya mengatur usernama dan password. Namun, jika anda menginstal via composer create-project, anda harus mengisikannya secara maual.

DB_DATABASE=breeze
DB_USERNAME=root
DB_PASSWORD=root

Pastikan anda sudah membuat database dengan nama breeze sebelum anda menjalankan perintah php artisan migrate.

Sekarang untuk menjalankannya anda tinggal masukkan perintah php artisan serve. Buka browser dan masukkan localhost:8000.

Hasilnya:

Welcome
Login
Register
Home

cafeteria

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Laravel