Instal Imagick di WampServer

Cara Instal Imagick di WampServer

WampServer adalah aplikasi web development yang berfungsi sebagai web server untuk menjalankan aplikasi web di localhost pada lingkungan sistem operasi berbasis Windows. Sama seperti XAMPP, WampServer terdiri dari Apache, PHP, dan MySQL dengan banyaknya pilihan versi yang bisa digunakan dan mudah untuk di kustom sesuai kebutuhan.

Instalasi WampServer

Kita bisa mengunduhnya langsung di https://www.wampserver.com/en/, atau ada cara lain yang lebih direkomendasikan yaitu dengan menggunakan Chocolatey melalui PowerShell. Chocolatey adalah manjemen software untuk Windows.

Untuk mengecek apakah di Windows sudah terinstal Chocolatey atau belum gunakan perintah chocolatey atau choco. Bila sudah terinstal akan muncul versi Chocolatey yang saat ini digunakan:

Chocolatey v0.10.15
Please run 'choco -?' or 'choco <command> -?' for help menu.

Untuk menginstal Chocolatey di Windows, kita bisa menuju ke halaman berikut: https://chocolatey.org/install.

Baik, setelah kita memiliki Chocolatey saatnya mulai menginstal WampServer. Buka PowerShell via Administrator (Run as Administrator), lalu ketikkan perintah berikut:

choco install wamp-server

Atau kita bisa melihatnya pada halaman berikut: https://chocolatey.org/packages/wamp-server.

Proses instalasi akan berjalan sesuai dengan kecepatan internet yang kita miliki.

Instalasi Imagick

Imagick adalah ekstensi PHP untuk membuat dan memodifikasi gambar menggunakan librari ImageMagick. Bagi anda pengembang aplikasi Laravel tentu keberadaan ekstensi ini sangat penting kalau anda menggunakan driver imagick sebagai opsi di intervention/image, atau di package pengolah gambar lain yang membutuhkan imagick.

Untuk menginstalnya, masih menggunakan PowerShell mode Administrator, masukkan perintah berikut:

choco install imagemagick

Atau bisa dilihat pada halaman berikut: https://chocolatey.org/packages/imagemagick.

Tunggu proses instalasi hingga selesai.

Berikutnya, unduh library ImageMagick di https://windows.php.net/downloads/pecl/deps/ImageMagick-7.0.7-11-vc15-x64.zip. Ekstrak dan salin semua file berekstensi .dll di dalam folder ImageMagick-7.0.7-11-vc15-x64/bin ke dalam C:\wamp\bin\php\php7.4.9 (Sesuaikan dengan versi yang anda gunakan).

Selanjutnya unduh modul php_imagick di https://windows.php.net/downloads/pecl/releases/imagick/3.4.4/php_imagick-3.4.4-7.4-ts-vc15-x64.zip, lalu ekstrak. Salin hanya file php_imagick.dll dan masukkan ke dalam C:\wamp\bin\php\php7.4.9\ext.

Buka tray icon WampServer > PHP > php.ini

Edit php.ini

Tambahkan extension baru di php.ini:

extention=imagick

Klik “Restart All Services” pada tray icon WampServer.

Semoga bermanfaat.

Leave a Comment