Komputer

Windows 11, Versi OS Terbaru Setelah Windows 10

Jika kita berpikir Windows 10 adalah versi terakhir seri Windows yang dikeluarkan Microsoft seperti yang digemborkan saat Windows 10 diperkenalkan maka pada pekan ini kita mendapatkan jawabannya bahwa hal tersebut salah.


Dalam event “Whats next for Windows” Micsrosoft telah mengumumkan secara resmi kehadiran OS Windows terbaru mereka, yakni Windows 11. Memiliki antar-muka yang tidak biasa. Benar-benar fresh walaupun di beberapa bagiannya masih tersisa apa yang pernah kita lihat di Windows sebelumnya.


Windows 11 akan menggantikan Windows 10 yang tidak akan lagi didukung pada 14 Oktober 2025. Bila kita sudah sampai pada batas akhir dukungan Microsoft terhadap Windows 10 maka bersiap saja, mau tidak mau, untuk menggunakan Windows 11. Masalahnya, Micsrosoft telah memberikan syarat minimum bagi komputer yang layak menjalankan Windows 11.

Syarat minimum system:

  • Processor: 1 gigahertz (GHz) dengan 2 core, 64 bit
  • Memory: 4 GB RAM
  • Storage: 64 GB storage device
  • System firmware: UEFI, Secure Boot Capable
  • TPM: Trusted Platform Module (TPM) version 2.0
  • Graphic card: DirectX 12 compatible graphic/WDDM 2.x
  • Display: > 9” with HD Resolution (720)
  • Internet connection: Microsoft account and internet connectivity required for setup for Windows 11 Home

Tidak semua dari komputer yang kita gunakan untuk menjalankan OS Windows 10 pada saat ini mungkin bisa menjalankan OS Windows 11 yang akan datang sebagai upgrade gratis mulai dari akhir tahun ini. Ya, kita masih bisa menunggu beberapa tahun lagi untuk mengganti perangkat device kita agar bisa menggunakan Windows 11 atau beralih pada OS lain, Linux misalnya, untuk tetap menggunakan device lawas.


Mungkin benar, Windows 10 adalah versi Windows terakhir karena pada versi ini masih benar-benar ramah untuk semua device tua. Versi Windows selanjutnya kita tidak bisa lagi menginstalnya di sembarang device yang tidak menggunakan TPM minimal versi 2.0 dan prosesor 64 bit.


Jadi, selamat tinggal untuk Windows 10 yang akan berakhir beberapa tahun ke depan dan selamat datang Windows 11 pada akhir tahun ini.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *