PemrogramanText Editor

Cara Meratakan (Align) Tanda Sama Dengan (=) dan Tanda Panah (=>) di PHPStorm Agar Tertata Rapih

Penulisan coding yang rapih menjadi salah satu faktor yang membuat koding kita nyaman untuk dibaca terutama pada saat kita melakukan kolaborasi dalam proses pengembangan kode aplikasi. Salah satu hal yang bisa kita perbaiki meski sebenarnya tidak berpengaruh banyak dan tergantung pada selera penulisan adalah tanda ‘sama dengan’ (=) dan tanda panah (=>) yang digunakan dalam PHP.

Salah satu contohnya, mari lihat baris kode di bawah ini:

$txt = "Hello world!";
$x = 5;
$y = 10.5;


$age = [
    "Peter" => "35", 
    "Ben" => "37", 
    "Joe" => "43"
];

Kemudian bandingkan dengan ini:

$txt = "Hello world!";
$x   = 5;
$y   = 10.5;

$age = [
    "Peter" => "35",
    "Ben"   => "37",
    "Joe"   => "43"
];

Penulisan koding setelah dirapihkan menjadi lebih ringan dilihat walaupun tidak berpengaruh signifikan. Namun, efeknya akan lebih membantu ketika kita memiliki ribuan baris di dalamnya.

Lalu bagaimana sih merapihkan kedua tanda tersebut di PHPStorm?

Bila di Visual Studio Code kita bisa mudah melakukannya dengan menginstal extension yang bernama Code Alignment, setelah diinstal, tekan saja F1 stelah kita menyeleksi baris yang ingin kita rapihkan lalu pilih pilihan paling bawah: align.

Apakah di PHPStorm kita perlu semacam plugin lagi? Ternyata tidak perlu. Kita hanya perlu pergi ke menu setting untuk mengaturnya.

File > Settings > Editor > Code Style > PHP

Lalu pilih tab “Wrapping and Braces“. Pada bilah kiri cari “Assgnment statement” untuk mengatur align tanda ‘sama dengan’ (=) kemudian ceklis pada pilihan “Align consecutive assignments“. Berikutnya pada bilah yang sama, cari “Array initilizer” dan ceklis pada pilihan “Align key-value pairs”.

Setelah itu kita tekan tombol “OK” dan mulailah dengan mencoba menyeleksi baris yang hendak kita rapihkan, setelah diseleksi atau disorot tekan kombinasi tombol CTRL + ALT + L.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat..

Please follow and like us:

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *