Internet

Mengapa Menggunakan HTTPS

Masalah keamanan memang sangat penting meski pun terkadang kita tidak terlalu memperdulikannya karena adanya celah keamanan tidak berdampak langsung, namun bagi yang mengerti masalah aspek keamanan dan privacy, keamanan adalah hal yang sangat penting.
Keamanan website ditandai salah satunya dengan penggunaan protokol yang aman (HTTPS) untuk jembatan komunikasi antara client (browser) dengan server. HTTPS sendiri merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure yang menyediakan sertifikat SSL (Secured Socket Layer) / TLS (Transport Layer Security) untuk mengamankan transmisi data melalui website. Data yang diamankan biasanya bersifat sensitif, sehingga HTTPS umumnya dijumpai di halaman-halaman transaksi keuangan, form login, register, dan lain-lain.
Apakah blog perlu HTTPS ? ya, perlu sekali karena HTTPS adalah salah satu penunjang SEO atau penentu ranking di mata Google, meskipun tidak terlalu signifikan. HTTPS juga memberi semacam label bahwa website blog kita itu aman untuk dikunjungi sehingga tidak akan terlalu mengkhawatirkan terjadinya lalu lintas data yang membahayakan komputer yang kita gunakan untuk mengakses website tersebut. Adanya HTTPS membangun kepercayaan yang baik dari pengunjung terhadap website kita.
Semoga bermanfaat
Cafeteria

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Internet