Travel

Wisata Sejarah Monumen Nasional Indonesia

Apakah kamu sudah berkali-kali ke Jakarta, tapi tidak pernah berkunjung ke Monumen Nasional atau lebih terkenal dengan Monas. Sangat disayangkan sekali kalau seperti itu… Monas merupakan Ikon kota Jakarta. Presiden Soekarno membangun sebuah tugu monumen nasional untuk melestarikan dan mengenang perjuangan bangsa Indonesia, agar semangat patriotisme dari generasi penerus dapat bangkit dan berkembang, layaknya api yang berkobar. Tugu ini terinspirasi dari Menara Eiffel yang ada di Italy yang merupakan simbol dari bangkitnya negara tersebut. Di puncak Monas juga terdapat api kemerdekaan yang terbuat dari lembaran emas yang melambangkan semangat bangsa Indonesia yang menyala – nyala.
Taman yang lapang di sekitar Monas sangat jarang ditemukan di Jakarta, sehingga banyak pengunjung yang bermain-main dan menikmati pemandangan disekitar taman Monas. Jika ingin melihat atau mengenang Perjuangan bangsa Indonesia, bisa langsung masuk ke Tugu Monas. Tapi sebelum masuk ke gedung Monas, jangan lewatkan relief sejarah Indonesia yang berada di halaman luar Monas. Relief ini memuat sejarah kejayaan Nusantara pada masa lampau yaitu sejarah kejayaan Majapahit dan Singashari, masa penjajahan Belanda, Jepang, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia hingga masa pembangunan Indonesia di Era Modern.
Di dalam Monas juga terdapa museum yang menampilkan diorama atau jendela peragaan yang menggambarkan perjuangan rakyat Indonesia mulai dari jaman kerajaaan hingga peristiwa G30S/PKI. Selain itu juga terdapat foto-foto dari proses pembangunan Monas. Setelah puas mengenang perjuangan bangsa Indonesia, kita bisa menuju ke Ruang Kemerdekaan yang ada di Monas. Ruang kemerdekaan ini mengingatkan kita pada nasionalisme bangsa terkait simbol-simbol bangsa Indonesia seperti Naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia asli, lambang negara Indonesia, Bendera Merah Putih, peta kepulauan Republik Indonesia yang berlapiskan emas, serta naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ditulis di dinding. Kita juga bisa naik ke Puncak Monas untuk melihat keindahan pemandangan Ibu Kota Jakarta
Penasaran seperti apa Keindahan dan Nasionalisme yang disajikan di dalam Monas? Langsung saja ke Monas. Lapangan Monas terletak tepat di depan Istana Kepresidenan Republik Indonesia, Jl. Medan Merdeka Selatan, dan di sekitar lapangan juga terdapat berbagai gedung pemerintahan, Museum Gajah, Masjid Istiqlal dan Gereja Katolik Katedral. Belum ke Jakarta kalau belum berkunjung ke Monas 🙂
Selain tempat wisata, Monas juga bisa mnjadi sarana pendidika bagi anak-anak untuk mengenal sejarah dan lebih mencintai Indonesia.
Dirangkum dari berbagai sumber:
Wikipedia
https://www.twisata.com/
http://www.indotravelers.com/
Cafeteria

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *